Tuesday, March 13, 2012

Kehamilan yang Luar Biasa

Kehamilan saya memasuki usia sekitar 11 minggu.
Udah pasti rasanya senang yaa...
Ngebayangin bayi mungil nan lucu yang akan menghiasi hari-hari kita (kami berdua)... ngebayangin belanja perlengkapan dan pernak-pernik bayi...ngebayangin gimana serunya persalinan nanti..hihi. Aduuhh...yang ini saya gak berani ngebayangin dulu deh. Malah cemas ntar.
Maklum, ini anak pertama kami, jadi belum berpengalaman.
Tapi kami seneng dan cukup santai menghadapi kehamilan ini.
Padahal kami tinggal berjauhan karena kerjaan suami di luar kota, jadi waktu ketemu pasti cuma di akhir minggu.
Ahh..pokoknya dibawa seneng aja. :)

Di minggu-minggu ini, saya sendiri sebenernya merasa belum ada perubahan berarti di tubuh saya. Bahkan saya sempet meragukan, benarkah saya hamil? Hehe.
Soalnya gak ada tanda-tanda kasat mata yang dapat dibuktikan (well..tendangan junior biasanya terasa di minggu ke-18-20an) karena perut saya masih rata.
Gak ada perasaan juga ada makhluk kecil yang tinggal di rahim saya karena rasanya perutnya kayak gak ada apa-apa gitu. Tapi hasil USG udah menunjukkan adanya keberadaan janin saya.
Wihhh...rasanya gimanaa gitu... :)

Di awal-awal kehamilan sekitar minggu ke-6, 7, dst., saya memang sedikit mual.
Bayangin, nyium bau ayam yang baru digoreng aja saya mual setengah mati. Waktu itu adik saya lagi goreng ayam buat makan siang tuh. Yaa ampuunn...ayam goreng! Hello? Ah, padahal tu ayam pasti enak banget deh.
Langsung deh lari ke kamar karena gak tahan sama baunya.
Sampe pake nangis segala! Iya, soalnya jadi emosi kok saya jadi gak tahan bau begitu aja. Rasanya kayak drama aja. ;p
Cium bau bawang putih juga gitu. Kalo ini sih kayaknya emang hormonnya ya... Soalnya katanya banyak juga yang gak tahan cium bau bawang putih waktu hamil.

Ya udahlah, dinikmati aja. Kalo masalah makan sebenernya saya gak terlalu milih-milih.
Ehh..tapi nggak juga denk. Udah beberapa hari minggu ini saya pengennya makanan di luar. Maksudnya makanan jadi beli di luar. Jadi gak selera banget sama makanan yang dimasak di rumah. Entah kenapa. Pokoknya gak selera aja.
Tapi saya doyan kalo beli makanan 'tunggal' di luar, misalnya kayak soto ayam, mie ayam, bubur ayam, gado-gado, nasi goreng.
Gitu maksudnya...jadi bukan nasi dan lauk-pauk yang menyertainya kayak yang dimasak di rumah. Intinya, pengen jajan ajah. Hihih. (Semoga gak tekor ya beib, di Jogja kan apa-apa murah.. *alasan! Haha.)
Kalopun makan di rumah (soalnya saya masak sendiri, kadang bareng mama juga), saya pengennya yang asin atau yang pedes. Naahh loohh...
Ga tau deh apa maksud dari semua ini.
Mungkinkah saya ngidam? Hehe...
Tapi boleh dibilang ngidam saya bener-bener kayak orang sakit. Saya pengen bangeet dan paling sering nyari bubur ayam.
Gak pagi, siang, malam...pengennya bubur aja.
Terutama yang dijual di depan gang di rumah. Hehe.
Sebelum hamil juga hobi sih makan bubur ayam.
Tapi ya gak segini-gini amat kayak sekarang.
Apalagi kalo buburnya panas..ngepul-ngepul, ayam dan telurnya tersuir-suir cantik melimpah di piring bersama cakwe dan daun bawang-sledri & bawang goreng. Wadduhhhh...tu kan..saya jadi ngiler deh. ;p

Yah, memang...kehamilan itu ternyata luar biasa.
Selain takjub dengan pertumbuhan janin di dalam sana, kehamilan mengubah hormon dan perasaan kita untuk siap sebagai ibu. Selain itu juga mampu mengubah selera makan kita dari yang gak suka jadi suka, dari yang suka jadi gak suka.

Contoh lain dari perubahan selera saya :
- Saya peminum kopi instan 3in1 setiap pagi. 7 kali seminggu. Di hari pertama saya tahu saya hamil, entah kenapa hari itu saya gak ada selera untuk minum kopi itu. Aneh kan? Ini aneh banget! Langsung berhenti gitu aja. Sampe beberapa minggu.
Saya aja sampe heran dan bingung juga. Padahal biasanya kalo bangun pagi, itu yang harus tersedia dulu, makan mah bisa belakangan. Kalo gak ngopi, harinya gak lengkap. ;p
Dan untuk menambah keruwetan, kalo gak ngopi biasanya siang harinya saya pusing kepala. Hmm.
Sekarang kadang saya minum...kadang nggak. ;)

- Saya jadi gak suka cium bau kopi merk LWC. Merk kopi ini padahal harum banget kalo pas sebelum hamil. Begitu hamil, indra penciuman saya langsung anti sama wanginya kopi ini. Entah kenapa. Pokoknya saya harus menjauhkan diri dari wanginya. Kasian, padahal kan dia gak salah apa-apa. -_-

- Sebelum hamil saya gak suka tuh minum/makan frozen yoghurt dan gak pernah berniat mencoba. Bahkan suami saya sampe heran karena dia sampe nanya, "Masa kamu gak suka? Bukannya cewek-cewek pada suka rasanya yang asem-asem manis gitu..kayak di kantorku pada tergila-gila tu semua sama **** *****.."
Nah, entah gimana ceritanya saya kok bisa nyoba froyonya J-** dan akhirnya kesengsem!!
Walhasil, tiap kali ke mall jadinya pasti beli froyo itu. Yah, mahal sih, apa boleh buat...demi my SuJu. Hahaa...*lagilagialasanklasik

Apalagi yaa..? Kayaknya baru itu yang terdeteksi.
Nanti kalo ada cerita lagi, saya bagi deh. ^^


Salam manis...
-dari momma SuJu-

No comments:

Post a Comment